Jumat, 10 Maret 2017

Visi dan Misi



1.    Pengertian Visi dan Misi Usaha

Visi dan Misi Usaha itu ibaratnya seperti kompas yang menjadi guidiance atau penunjuk arah bagi berlangsungnya usaha kita. Jikalaupun ada suatu usaha yang bisa tetap berjalan tanpa memiliki sebuah visi, biasanya yang akan menjadi pertanyaan adalah akan seperti apa usaha tersebut 5, 10, 15 tahun yang akan datang? Karena pada dasarnya, sebuah visi merupakan wujud yang kita inginkan mengenai usaha kita di masa yang akan datang.

Secara umum, Visi adalah pandangan umum organisasi, dalam hal ini adalah usaha kita, terhadap cita-cita yang ingin dicapai yang dirumuskan melalui kalimat tegas dan efektif, namun cukup mewakili atas keinginan atau cita-cita organisasi yang ingin diwujudkan.
 

Sedangkan Misi adalah tujuan khusus organisasi/pemimpin usaha terhadap cita-cita yang ingin dicapai dari visi yang telah dirumuskan. Dan biasanya dirumuskan melalui kalimat yang menegaskan beberapa item.


2.    Kriteria Visi dan Misi Usaha

1)    Pengertian Visi Usaha



Sedangkan Misi adalah tujuan khusus organisasi/pemimpin usaha terhadap cita-cita yang ingin dicapai dari visi yang telah dirumuskan. Dan biasanya dirumuskan melalui kalimat yang menegaskan beberapa item.



Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai Visi :

·      Visi adalah suatu pernyataan tentang gambaran keadaan dan karakteristik yang ingin di capai oleh suatu lembaga pada masa yang akan datang.

·      Visi adalah cara pandang jauh ke depan kemana organisasi harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif.

·      Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi.

Dari beberapa definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa Visi adalah gambaran ideal organisasi kita di masa depan.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menentukan visi, antara lain sebagai berikut :

a.    Harus berorientasi ke masa depan

b.    Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini

c.    Mengekspresikan kreatifitas

d.    Berdasar pada prinsip nilai-nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

e.    Memperhatikan sejarah, kultur, nilai organisasi

f.     Mempunyai standar yang tinggi, ideal, serta harapan bagi anggota lembaga

g.    Memberikan klarifikasi bagi manfaat lembaga serta tujuan-tujuannya
h.    Memberikan semangat dan mendorong timbulnya dedikasi pada lembaga


i.      Menggambarkan keunikan lembaga dalam kompetisi serta citranya

j.      Bersifat ambisius serta menantang segenap anggota lembaga. (Lewis & Smith, 1994)

2)     Kriteria Visi Usaha

Dalam merumuskan sebuah visi usaha, ternyata gampang-gampang susah. Tapi, jika masih banyak gampangnya dari pada susahnya, berarti bisa dilakukan. Yang terpenting dalam membuat sebuah visi itu adalah bahwa visi harus mampu mendorong terjadinya tindakan. Visi yang baik, harus dapat membangkitkan motivasi dan keinginan untuk melakukan sesuatu.

Adapun kriteria-kriteria visi perusahaan yang efektif adalah sebagai berikut :

a)    Ringkas dan mudah diingat

b)   Mampu memberi semangat dan tantangan

c)    Menggambarkan hal-hal yang ideal

d)   Memikat bagi para pegawai, customer, dan stakeholder (pihak-pihak yang berkepentingan).
e.    Menggambarkan tingkatan jasa di masa depan

f.   Idealitas

g)    Bertahan lama

h)   Pertanyaan tentang visi harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :

(1)      Apa yang diinginkan oleh organisasi, apa aspirasinya?

(2)      Bagaimana harapan organisasi atau perusahaan untuk dikenal oleh customer, pegawai, dan masyarakat?

(3)      Bagaimana cara organisasi untuk bisa meningkatkan kualitas hidup para pengguna jasa atau produknya dan untuk pegawai perusahaan?

(4)      Kapan visi dapat segera direalisasikan?

(5)      Siapa saja yang menjadi target sasaran?


3)    Pengertian Misi Usaha

Secara umum Visi dan Misi merupakan suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan sesuai dengan apa yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan di masa depan (Goal).

Berikut adalah beberapa definisi dari Misi :

·        Misi adalah pernyataan atau langkah-langkah tentang apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan dalam usahanya mewujudkan Visi.

·        Misi adalah pernyataan tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya mewujudkan Visi.

·        Misi adalah pernyataan yang menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai. Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi menjelaskan mengapa organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana melakukannya.

·        Misi adalah sesuatu yang harus dilaksanakan oleh organisasi agar rtujuan organisasi dapat terlaksana dan berhasil dengan baik. Dengan pernyataan misi tersebut, diharapkan seluruh pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh dimasa mendatang.

·        Misi  perusahaan  merupakan  tindakan  untuk  mewujudkan  visi

perusahaan.

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merumuskan misi perusahaan, yaitu memuat :

1)    Produk/jasa yang ditawarkan

2)    Kualitas produk dan pelayanan jasa

3)    Produk dan pelayanan jasa yang dibutuhkan

4)    Masyarakat yang akan dilayani (konsumen)

3.    Perbedaan Visi dan Misi
Berikut ini adalah perbedaan antara Visi dan Misi Usaha :

·        Visi adalah tujuan atau gebrakan, masa depan, cita-cita, hal yang ingin dilakukan.

Misi adalah langkah, bentuk atau cara untuk mewujudkan
·        Visi terdiri dari beberapa kalimat/pernyataan saja

·        Misi dengan sejumlah kalimat/pernyataan yang melebihi kalimat/pernyataan visi

·        Visi merupakan gambaran tujuan di masa depan tentang akan jadi seperti apa organisasi atau lembaga kita. Menentukan visi berarti menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai. Dalam menentukan visi hendaknya memenuhi persyaratan di bawah ini :

-  Tidak berdasarkan kondisi saat ini

-  Berorientasi ke depan

-  Mengekspresikan kreatifitas

-  Berdasarkan pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.

·              Misi adalah apa yang dapat dilakukan untuk mencapai cita-cita atau gambaran masa depan (visi). Misi merupakan langkah-langkah dan strategi yang digunakan untuk mencapai visi.

4.    Merumuskan Visi dan Misi Usaha

ð  Karakteristik Rumusan Visi

Suatu visi harus realistis, dapat dipercaya, meyakinkan, serta mengandung daya tarik, maka dalam proses pembuatannya perlu melibatkan semua stakeholders. Selain keterlibatan semua pihak, visi perlu secara intensif dikomunikasikan ke semua anggota organisasi sehingga mereka merasa sebagai pemilik visi tersebut. Selain itu visi dibuat dalam kalimat yang singkat agar mudah diingat dan dijadikan komitmen. Maka dari itu dalam merumuskan visi, sebaiknya memiliki karakteristik sebagai berikut :
a.    Berorientasi ke masa depan (jangka waktu yang lama).

b.    Menunjukkan keyakinan masa depan yang jauh lebih baik

c.    Mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita yang ingin dicapai.

d.    Mencerminkan dorongan yang kuat akan tumbuhnya inspirasi, semangat, dan komitmen perusahaan.

e.    Mampu menjadi dasar dan mendorong terjadinya perubahan dan pengembangan usaha ke arah yang lebih baik.
f.     Menjadi dasar perumusan misi dan tujuan usaha

ð  Cara Merumuskan Misi
 
1)    Pelajari visi perusahaan

2)    Rumuskan tindakan untuk mencapai visi perusahaan

a.    Contoh Visi dan Misi

Berikut ini adalah beberapa contoh visi dan misi usaha perusahaan :

1.   Perusahaan bandar udara Angkasa Pura II :

Visi Perusahaan

Menjadi pengelola bandar udara kelas dunia yang terkemuka dan profesional. Untuk mewujudkan visi tersebut, Angkasa Pura II bertekad melakukan transformasi secara menyeluruh dan bertahap selama lima tahun pertama.

Misi Perusahaan

   Mengelola jasa bandar udara kelas dunia dengan mengutamakan tingkat keselamatan, keamanan, dan kenyamanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan

   Mengembangkan SDM dan budaya Perusahaan yang berkinerja tinggi dengan menerapkan sistem manajemen kelas dunia

   Mengoptimalkan strategi pertumbuhan bisnis secara menguntungkan untuk meningkatkan nilai pemegang saham serta meningkatkan kesejahteraan karyawan dan pemangku kepentingan lainnya

   Menjalin kerjasama yang saling menguntungkan dengan mitra usaha dan mitra kerja serta mengembangkan secara sinergis dalam pengelolaan jasa bandar udara

   Memberikan nilai tambah yang optimal bagi masyarakat dan lingkungan
 
. Perusahaan Garuda Indonesia




 ber:www.asia361.com

Gambar 2.Tim Garuda Indonesia

Visi Perusahaan

Menjadi perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan Indonesia.

Misi Perusahaan

Sebagai perusahan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan memberikan pelayanan yang profesional.

3. Bank BRI

 


Sumber : www.bumn.go.id

Gambar 3. Bank BRI

Visi BRI

Menjadi bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.

Misi BRI

1.     Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang peningkatan ekonomi masyarakat.

2. Memberikan pelayanan prima kepada nasabah melalui jaringan kerja yang tersebar luas dan didukung oleh sumber daya manusia yang profesional dan teknologi informasi yang handal dengan melaksanakan manajemen risiko serta praktek GoodCorporate Governance (GCG) yang sangat baik
3. Memberikan keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar