1.
Pengertian Visi dan Misi Usaha
Visi
dan Misi Usaha itu ibaratnya seperti kompas yang menjadi guidiance atau penunjuk arah bagi berlangsungnya usaha kita.
Jikalaupun ada suatu usaha yang bisa tetap berjalan tanpa memiliki sebuah visi,
biasanya yang akan menjadi pertanyaan adalah akan seperti apa usaha tersebut 5,
10, 15 tahun yang akan datang? Karena pada dasarnya, sebuah visi merupakan
wujud yang kita inginkan mengenai usaha kita di masa yang akan datang.
Secara
umum, Visi adalah pandangan umum organisasi, dalam hal ini adalah usaha kita,
terhadap cita-cita yang ingin dicapai yang dirumuskan melalui kalimat tegas dan
efektif, namun cukup mewakili atas keinginan atau cita-cita organisasi yang
ingin diwujudkan.
Sedangkan Misi adalah
tujuan khusus organisasi/pemimpin usaha terhadap cita-cita yang ingin dicapai
dari visi yang telah dirumuskan. Dan biasanya dirumuskan melalui kalimat yang
menegaskan beberapa item.
2.
Kriteria Visi dan Misi Usaha
1) Pengertian Visi Usaha
Sedangkan Misi adalah
tujuan khusus organisasi/pemimpin usaha terhadap cita-cita yang ingin dicapai
dari visi yang telah dirumuskan. Dan biasanya dirumuskan melalui kalimat yang
menegaskan beberapa item.
Berikut ini adalah beberapa penjelasan mengenai
Visi :
·
Visi adalah suatu pernyataan tentang gambaran
keadaan dan karakteristik yang ingin di capai oleh suatu lembaga pada masa yang
akan datang.
·
Visi adalah cara pandang jauh ke depan kemana
organisasi harus dibawa agar dapat eksis, antisipatif dan inovatif.
·
Visi adalah suatu gambaran yang menantang
tentang keadaan masa depan yang diinginkan oleh organisasi.
Dari beberapa definisi
tersebut dapat disimpulkan bahwa Visi adalah gambaran ideal organisasi kita di
masa depan.
Ada beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam menentukan visi, antara lain sebagai berikut :
a. Harus berorientasi ke masa depan
b.
Tidak dibuat berdasarkan kondisi saat ini
c. Mengekspresikan kreatifitas
d.
Berdasar pada prinsip nilai-nilai yang
mengandung penghargaan bagi masyarakat.
e. Memperhatikan sejarah, kultur, nilai organisasi
f.
Mempunyai standar yang tinggi, ideal, serta
harapan bagi anggota lembaga
g. Memberikan klarifikasi bagi manfaat lembaga
serta tujuan-tujuannya
h.
Memberikan semangat dan mendorong timbulnya
dedikasi pada lembaga
i.
Menggambarkan keunikan lembaga dalam kompetisi
serta citranya
j.
Bersifat ambisius serta menantang segenap
anggota lembaga. (Lewis & Smith, 1994)
2) Kriteria Visi
Usaha
Dalam
merumuskan sebuah visi usaha, ternyata gampang-gampang susah. Tapi, jika masih
banyak gampangnya dari pada susahnya, berarti bisa dilakukan. Yang terpenting
dalam membuat sebuah visi itu adalah bahwa visi harus mampu mendorong
terjadinya tindakan. Visi yang baik, harus dapat membangkitkan motivasi dan
keinginan untuk melakukan sesuatu.
Adapun kriteria-kriteria
visi perusahaan yang efektif adalah sebagai berikut :
a)
Ringkas dan mudah diingat
b)
Mampu memberi semangat dan tantangan
c)
Menggambarkan hal-hal yang ideal
d) Memikat bagi
para pegawai, customer, dan stakeholder (pihak-pihak yang
berkepentingan).
e.
Menggambarkan tingkatan jasa di masa depan
f.
Idealitas
g)
Bertahan lama
h) Pertanyaan
tentang visi harus mampu menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut ini :
(1) Apa yang diinginkan oleh organisasi, apa
aspirasinya?
(2)
Bagaimana harapan organisasi atau perusahaan
untuk dikenal oleh customer, pegawai, dan masyarakat?
(3)
Bagaimana cara organisasi untuk bisa
meningkatkan kualitas hidup para pengguna jasa atau produknya dan untuk pegawai
perusahaan?
(4) Kapan visi dapat segera direalisasikan?
(5) Siapa saja yang menjadi target sasaran?
3) Pengertian Misi Usaha
Secara umum
Visi dan Misi merupakan suatu konsep perencanaan yang disertai dengan tindakan
sesuai dengan apa yang direncanakan untuk mencapai suatu tujuan di masa depan (Goal).
Berikut adalah
beberapa definisi dari Misi :
·
Misi adalah pernyataan atau
langkah-langkah tentang apa yang harus dikerjakan oleh perusahaan
dalam usahanya mewujudkan Visi.
·
Misi adalah pernyataan
tentang apa yang harus dikerjakan oleh lembaga dalam usahanya
mewujudkan Visi.
·
Misi adalah pernyataan yang
menetapkan tujuan organisasi dan sasaran yang ingin dicapai.
Pernyataan misi membawa organisasi kepada suatu fokus. Misi menjelaskan mengapa
organisasi itu ada, apa yang dilakukannya, dan bagaimana melakukannya.
·
Misi adalah sesuatu yang
harus dilaksanakan oleh organisasi agar rtujuan organisasi dapat
terlaksana dan berhasil dengan baik. Dengan pernyataan misi tersebut,
diharapkan seluruh pihak yang berkepentingan dapat mengenal organisasi dan
mengetahui peran dan program-programnya serta hasil yang akan diperoleh dimasa
mendatang.
·
Misi
perusahaan merupakan
tindakan untuk mewujudkan
visi
perusahaan.
Beberapa hal yang harus
diperhatikan dalam merumuskan misi perusahaan, yaitu memuat :
1) Produk/jasa yang ditawarkan
2) Kualitas produk dan pelayanan jasa
3) Produk dan pelayanan jasa yang dibutuhkan
4) Masyarakat yang akan dilayani (konsumen)
3.
Perbedaan Visi dan Misi
Berikut ini adalah perbedaan antara Visi dan
Misi Usaha :
·
Visi adalah tujuan atau gebrakan, masa depan,
cita-cita, hal yang ingin dilakukan.
·
Visi terdiri dari beberapa kalimat/pernyataan saja
·
Misi dengan sejumlah kalimat/pernyataan yang
melebihi kalimat/pernyataan visi
·
Visi merupakan gambaran tujuan di masa depan
tentang akan jadi seperti apa organisasi atau lembaga kita. Menentukan visi
berarti menentukan tujuan dan cita-cita yang ingin dicapai. Dalam menentukan
visi hendaknya memenuhi persyaratan di bawah ini :
- Tidak
berdasarkan kondisi saat ini
- Berorientasi ke
depan
- Mengekspresikan
kreatifitas
- Berdasarkan
pada prinsip nilai yang mengandung penghargaan bagi masyarakat.
·
Misi adalah apa yang dapat dilakukan untuk
mencapai cita-cita atau gambaran masa depan (visi). Misi merupakan
langkah-langkah dan strategi yang digunakan untuk mencapai visi.
4.
Merumuskan Visi dan Misi Usaha
ð Karakteristik Rumusan Visi
Suatu
visi harus realistis, dapat dipercaya, meyakinkan, serta mengandung daya tarik,
maka dalam proses pembuatannya perlu melibatkan semua stakeholders. Selain
keterlibatan semua pihak, visi perlu secara intensif dikomunikasikan ke semua
anggota organisasi sehingga mereka merasa sebagai pemilik visi tersebut. Selain
itu visi dibuat dalam kalimat yang singkat agar mudah diingat dan dijadikan
komitmen. Maka dari itu dalam merumuskan visi, sebaiknya memiliki karakteristik sebagai berikut :
a. Berorientasi ke masa depan (jangka waktu yang
lama).
b. Menunjukkan keyakinan masa depan yang jauh lebih
baik
c. Mencerminkan standar keunggulan dan cita-cita
yang ingin dicapai.
d.
Mencerminkan dorongan yang kuat akan tumbuhnya
inspirasi, semangat, dan komitmen perusahaan.
e.
Mampu menjadi dasar dan mendorong terjadinya
perubahan dan pengembangan usaha ke arah yang lebih baik.
f.
Menjadi dasar perumusan misi dan tujuan usaha
ð Cara Merumuskan Misi
1)
Pelajari visi perusahaan
2)
Rumuskan tindakan untuk mencapai visi perusahaan
a.
Contoh Visi dan Misi
Berikut
ini adalah beberapa contoh visi dan misi usaha perusahaan :
1. Perusahaan bandar udara Angkasa Pura II :
Visi Perusahaan
Menjadi
pengelola bandar udara kelas dunia yang terkemuka dan profesional. Untuk
mewujudkan visi tersebut, Angkasa Pura II bertekad melakukan transformasi
secara menyeluruh dan bertahap selama lima tahun pertama.
Misi Perusahaan
• Mengelola jasa
bandar udara kelas dunia dengan mengutamakan tingkat keselamatan, keamanan, dan
kenyamanan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan
• Mengembangkan
SDM dan budaya Perusahaan yang berkinerja tinggi dengan menerapkan sistem
manajemen kelas dunia
• Mengoptimalkan
strategi pertumbuhan bisnis secara menguntungkan untuk meningkatkan nilai
pemegang saham serta meningkatkan kesejahteraan karyawan dan pemangku
kepentingan lainnya
• Menjalin
kerjasama yang saling menguntungkan dengan mitra usaha dan mitra kerja serta
mengembangkan secara sinergis dalam pengelolaan jasa bandar udara
• Memberikan
nilai tambah yang optimal bagi masyarakat dan lingkungan
. Perusahaan Garuda Indonesia
ber:www.asia361.com
Gambar 2.Tim
Garuda Indonesia
Visi Perusahaan
Menjadi
perusahaan penerbangan yang handal dengan menawarkan layanan yang berkualitas
kepada masyarakat dunia menggunakan keramahan Indonesia.
Misi Perusahaan
Sebagai
perusahan penerbangan pembawa bendera bangsa Indonesia yang mempromosikan
Indonesia kepada dunia guna menunjang pembangunan ekonomi nasional dengan
memberikan pelayanan yang profesional.
3. Bank BRI
Sumber : www.bumn.go.id
Gambar 3. Bank BRI
Visi BRI
Menjadi
bank komersial terkemuka yang selalu mengutamakan kepuasan nasabah.
Misi BRI
1.
Melakukan kegiatan perbankan yang terbaik dengan
mengutamakan pelayanan kepada usaha mikro, kecil dan menengah untuk menunjang
peningkatan ekonomi masyarakat.
3. Memberikan
keuntungan dan manfaat yang optimal kepada pihak-pihak yang berkepentingan (stakeholders).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar